Dampak Negatif Akibat Teknologi Canggih Bagi Manusia


Dampak Negatif Akibat Teknologi Canggih Bagi Manusia - Dengan seiring majunya teknologi, teknologi menjadi semakin canggih. Zaman sekarang teknologi sudah berkembang dan maju sangat cepat. Contoh alat yang diciptakan karena teknologi yang semakin canggih adalah VR (Virtual Reality). Tahun ini VR sangat populer khususnya di amerika serikat. Karena Virtual Reality (VR) dibuat di Amerika serikat. Alat ini berbentuk seperti kacamata hanya saja fungsinya yang lebih canggih dibandingkan kacamata pada umumnya. Alat ini mampu membuat kita bisa melihat tempat-tempat atau melihat sesuatu yang sebenarnya cukup jauh. Contohnya misalkan kamu sedang berada di Amerika serikat, dan kamu ingin liburan ke Indonesia tapi kamu tidak memiliki uang yang cukup untuk berlibur ke Indonesia. Walaupun kamu tidak memiliki cukup uang untuk pergi ke Indonesia, kamu tetap bisa berlibur ke Indonesia hanya dengan menggunakan VR (Virtual Reality). Tetapi walaupun zaman sekarang teknologi sudah semakin canggih, tetap saja Secanggih apapun teknologinya, pasti memiliki kelemahan atau dampak negatif, Khususnya bagi manusia. Lalu apa saja dampak negatif atau masalah yang diakibatkan oleh teknologi ? Untuk mengetahuinya silahkan lihat dibawah ini.

Dampak Negatif Akibat Teknologi Canggih Bagi Manusia

1. Manusia Semakin Malas

Dengan majunya teknologi, banyak sekali alat-alat yang dibuat atau diciptakan untuk meringankan tugas seorang manusia. Contohnya pada zaman Purba, jika manusia ingin pergi kesuatu tempat, mereka akan berjalan kaki walaupun jaraknya sangat jauh. Tetapi zaman sekarang, manusia tidak perlu berjalan jauh untuk pergi ke suatu tempat. Karena sekarang sudah ada berbagai macam alat transportasi. Contohnya Pesawat terbang, Kapal Laut, Motor, mobil, kereta api, kereta bawah tanah, kereta gantung, bus umum,dan berbagai transportasi lainnya.

Selain transportasi, ada juga smartphone. Saat ini smartphone bukan lagi barang yang mahal. Karena sekarang banyak vendor smartphone yang menciptakan smartphone dengan harga yang murah. Dan sekarang smartphone menjadi barang yang wajib ada di kehidupan manusia. Smartphone memiliki fungsi yang banyak. Salah satunya sebagai media berkomunikasi antar manusia. Pada zaman sebelum telepon atau smartphone diciptakan, manusia kebanyakan menggunakan surat untuk berkomunikasi dan menggunakan walkie talkie. Tapi semenjak Alexander Graham Bell menemukan telepon, manusia tidak lagi menggunakan kedua media tersebut untuk berkomunikasi, dan beralih menggunakan telepon karena lebih praktis dan cepat.

2. Manusia Bisa Terkena Penyakit

Ternyata teknologi yang semakin maju dan canggih memiliki dampak negatif yang bisa menyebabkan penyakit pada manusia. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh teknologi adalah Insomnia (Susah Tidur), Kepala pusing, bahkan Kematian. Dan pada umumnya ketiga penyakit atau dampak negatif tersebut terjadi setelah seseorang bermain Video Game. Seperti yang kita tahu, bermain video game memang menyenangkan dan bisa menghilangkan stres, tetapi jika kita terlalu lama atau berelebihan bermain game, maka bukan tidak mungkin kita bisa terkena ketiga dampak negatif terebut. Contohnya Ada seorang mahasiswa di Korea Selatan yang bermain game secara berlebihan selama 8 jam Non-stop dan pada akhirnya dia meninggal dunia karena otaknya tidak bisa beristirahat dengan cukup. Selain itu ada juga penyakit Insomnia yang bisanya disebabkan oleh pancaran sinyal wifi (BACA JUGA : Bahaya Wifi Bagi Kesehatan Manusia )

3. Manusia Tidak Akan Peduli Dengan Orang Lain

Rasa kepedulian yang ada dalam diri manusia bisa hilang begitu saja karena teknologi. Akibat banyak teknologi yang canggih dan unik, membuat manusia kehilangan rasa kepedulian terhadap orang lain. Contohnya tanggal 20 Februari 2016, saya menghadiri sebuah acara reuni, dan pada saat kami sedang makan bersama, suasananya jadi hening. Hal itu disebabkan masing-masing orang sibuk dengan gadgetnya,sibuk dengan smartphonenya,sibuk bermain media sosial. Dan akhirnya saya berusaha mengajak mereka semua berbicara, tetapi mereka tidak peduli dan tidak mendengarkan apa yang saya ucapkan. Dan hal itu disebabkan oleh teknologi.

4. Manusia Bisa Dikendalikan Oleh Robot

Robot adalah suatu alat yang bisa bergerak bahkan bisa berbicara yang diciptakan untuk menjadi asisten pribadi manusia. Sekarang ini banyak para perusahaan dan ilmuwan bekerja membuat robot paling canggih yang pernah ada. Namun jika robot semakin canggih, maka hal itu akan membawa dampak negatif bagi manusia. Yaitu manusia bisa dikendalikan oleh robot. Hal itu bisa saja terjadi, karena sekarang manusia sudah bisa membuat robot yang bisa berbicara, mendengar, melihat, bergerak, bahkan bisa berpikir sendiri tanpa perlu diperintah. Tentu saja hal ini bukan sesuatu yang bagus. Bayangkan saja jika ada suatu robot yang bisa berpikir sendiri dan di sistemnya ada satu hal yang rusak, bukan tidak mungkin dia akan menyerang dan mengendalikan manusia.

Baiklah sekian artikel dari saya tentang Dampak Negatif Akibat Teknologi Canggih Bagi Manusia. Kesimpulannya manusia boleh saja menciptakan teknologi secanggih apapun, tetapi manusia harus memikirkan dampak yang dihasilkan oleh teknologi tersebut. Sebenarnya ada banyak sekali dampak negatif akibat teknologi, tapi saya hanya menulis dampak yang paling dasar saja. Baiklah jangan lupa terus berkunjung ke blog ini, karena masih ada banyak informasi yang menunggumu. Terima Kasih Dan Sampai Jumpa.
Dampak Negatif Akibat Teknologi Canggih Bagi Manusia Dampak Negatif Akibat Teknologi Canggih Bagi Manusia Reviewed by Steve William Korwa on March 03, 2016 Rating: 5

11 comments:

  1. ini yang ane takutkan, mungkin gejalax udah muncul di diri ane, contohnya aja ane udah imsomnia klo malam dan ane udah ketergantungan ama internet. waduh parah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantunf juga orangnya sih, selama kita memanfaatkan teknologi sebagaimana fungsinya.

      Delete
  2. wah.. banyak juga ya dampak nya.. jadi sedikit takut

    ReplyDelete
  3. semakin miris ane gan,,tpi saya berusaha ambil segi positifnya gan

    ReplyDelete
  4. tapi menurut ane gan lebih banyak dampak positifnya

    ReplyDelete
  5. keren gan artikel nya tapi bener banyakan positip nya gan

    ReplyDelete
  6. bener gan,ane juga merasakan dan termasuk dalam yang "malas" :3

    ReplyDelete
  7. Wah Bisa Nanya Tentang Penyakit Nih...

    ReplyDelete
  8. bagus nih artikel..........banyak orang yang abai akan hal ini...

    ReplyDelete

Jika Ada Saran Atau Pertanyaan Silahkan Comment. Dan Silahkan Comment Yang Baik,Jujur,Dan Tidak Spam. Terima Kasih

Powered by Blogger.