Fakta Unik Dan Menarik Seputar Gerhana Matahari Total 2016


Fakta Unik Dan Menarik Seputar Gerhana Matahari Total 2016 - Gerhana Matahari adalah Proses yang terjadi ketika posisi matahari, bulan, dan bumi berada pada satu garis lurus. Posisi ini menyebabkan bayangan bulan menutup cahaya matahari sehingga pada saat gerhana matahari berlangsung, sebagian wilayah di bumi akan menjadi gelap. Mengapa hanya sebagian ? Karena bulan memiliki ukuran yang lebih kecil dari bumi, dan hal itu menyebabkan hanya sebagian wilayah bumi yang terkena bayangan bulan. Dan pada tanggal 9 Maret 2016, Tepatnya hari Rabu besok, Gerhana Matahari Total 2016 (GMT2016) akan muncul di langit Indonesia. Dan pada saat itu seluruh umat muslim di indonesia akan menggelar sholat gerhana dan melakukan apa saja tata cara sholat gerhana yang benar. Selain itu gerhana matahari total 2016 juga memiliki fakta menarik. Kira-kira apa saja fakta unik dan menarik GMT 2016 ? Ayo kita lihat :

Fakta Unik Dan Menarik Seputar Gerhana Matahari Total 2016

1. Gerhana Matahari Total 2016 Hanya Terjadi Di Indonesia

Pada tanggal 9 Maret 2016, Indonesia akan menjadi pusat perhatian dunia karena besok di Indonesia Gerhana Matahari Total 2016 Akan muncul. Dan diperkirakan Gerhana matahari total besok akan terjadi pada waktu Pagi hari. Selain itu diperkirakan, besok bayangan bulan akan menutup wilayah seluas 100 - 150 KM, dan hanya menutup 12 Provinsi di indonesia, dan 21 Provinsi lainnya akan mengalami gerhana matahari sebagian.

2. Gerhana Matahari Pertama Di Indonesia Di Abad 21

Gerhana matahari tahun dan abad ini adalah yang pertama kalinya terjadi di indonesia. Gerhana matahari terakhir kali muncul di indonesia pada tanggal 24 Oktober 1995 yang berlangsung selama 3 Menit 46 Detik, dan diperkirakan akan muncul lagi pada tahun 2023 dan 2028. Selain Itu Gerhana matahari pernah terjadi di indonesia pada tahun 1983, 1988, 1995 dan tahun ini 2016.

3. Mitos Tentang Mata Akan Buta Jika Melihat Gerhana Matahari Secara Langsung Dengan Mata Telanjang

Sejak dahulu banyak mitos yang mengatakan bahwa melihat gerhana matahari secara langsung dengan mata telanjang akan membuat mata seseorang menjadi buta. Bahkan pada tahun 1983, Presiden kedua Indonesia, Pak Soeharto melarang rakyat indonesia melihat gerhana matahari secara langsung karena bisa menyebabkan kebutaan. Dan akhirnya pada saat itu semua rakyat indonesia berdiam diri dirumah mereka masing-masing dan melihat proses gerhana matahari di TVRI. Tapi sebenarnya mitos ini tidak semuanya benar. Faktanya Mata tentu saja tidak akan kuat menatap dan melihat ke arah sinar Matahari yang sangat menyilaukan dan jika kita memaksakan diri untuk melihat gerhana matahari secara langsung dengan mata telanjang dalam waktu yang lama, Retina mata akan terbakar oleh silaunya pancaran sinar matahari dan akhirnya bisa membuat kebutaan. Tapi mata kita tidak akan buta jika melihat gerhana matahari secara langsung dengan mata telanjang asalkan dalam waktu yang tidak lama. Jadi kita tetap bisa melihat proses gerhana matahari secara langsung dengan mata telanjang asal tidak dalam waktu yang lama.

Baiklah itu tadi fakta seputar Fakta Unik Dan Menarik Seputar Gerhana Matahari Total 2016 semoga dapat menambah pengetahuan dan menghibur kalian. Terima Kasih Dan Sampai Jumpa.


Fakta Unik Dan Menarik Seputar Gerhana Matahari Total 2016 Fakta Unik Dan Menarik Seputar Gerhana Matahari Total 2016 Reviewed by Steve William Korwa on March 08, 2016 Rating: 5

1 comment:

  1. Ea tuwh yg menyebabkan kebutaan kayaknya beneran gan

    ReplyDelete

Jika Ada Saran Atau Pertanyaan Silahkan Comment. Dan Silahkan Comment Yang Baik,Jujur,Dan Tidak Spam. Terima Kasih

Powered by Blogger.