Olahraga Petanque

Berbicara tentang petanque, Mungkin sebagian besar masyarakat indonesia (termasuk saya) tidak mengetahui tentang olahraga petanque. Saya pun tidak tahu apa itu olahraga petanque, alat-alat bermainnya, peraturannya, dan cara bermainnya. Tapi setelah saya membaca buku lks olahraga milik saya , saya menemukan olahraga petanque itu apa(walaupun sedikit). Untuk itu saya akan membahas tentang olaheaga ini , agar orang lebih tahu , apa itu petanque. Ok Langsung saja.


Petanque merupakan olahraga yang berasal dari Perancis, yang menggunakan bola logam sebagai alatnya. Petanque dimainkan oleh dua hingga enam orang yang terbagi dalam dua tim , yang dimainkan di lapangan Tanah ataupun berbatu , tapi lapangannya harus datar.

Cara bermain olahraga ini yaitu para pemain harus berdiri dalam suatu lingkaran untuk melemparkan bola logam(boule) sedekat-dekatnya dengan bola berukuran kecil yang di 
sebut jack. Pemain pertama harus bisa melemparkan boulenya sedekat-dekatnya dengan jack, jika tidak maka pemain pertama harus terus melempar hingga boulenya habis. Jika pemain pertama sudah merasa boulenya habis sudah dekat dengan jack , maka pemain lawan bisa bergantian untuk melemparkan boulenya.

A)Gambar Boule Dan Jack

Lalu pemain juga bisa melemparkan boulenya untuk mengenai boule lawannya yaang bertujuan untuk menjauhkan boule lawan dari jack. Para pemain sendiri memiliki masing-masing 3 boule.



Olahraga petanque masih sangat asing di Indonesia. tapi olahraga ini sudah memiliki organisasi  yaitu FOPI (Federasi Olahraga Petanque Indonesia) yang baru terbentuk tahun 2011.

Baiklah itu tadi pembahasan saya tentang salah satu olahraga yang masih asing di indonesia yaitu olahraga petanque. Semoga pembahasan saya ini dapat menghibur dan menambah wawasan kalian. Terima kasih.




Olahraga Petanque  Olahraga Petanque Reviewed by Unknown on September 19, 2015 Rating: 5

No comments:

Jika Ada Saran Atau Pertanyaan Silahkan Comment. Dan Silahkan Comment Yang Baik,Jujur,Dan Tidak Spam. Terima Kasih

Powered by Blogger.