Cara Menghitung Jumlah Kata Di Artikel Blog


Cara Menghitung Jumlah Kata Di Artikel Blog - Artikel adalah salah satu bagian yang sangat penting bagi suatu blog agar tetap berdiri. Jika di blog tidak ada artikel atau postingan, maka blog tersebut tidak akan berguna bagi diri sendiri dan orang lain. Dan salah satu bagian penting dari sebuah artikel adalah kata. Google menyarankan kita untuk membuat artikel atau postingan yang berisi dari 500 - 1000 kata. Tentu hal tersebut sangat sulit dilakukan oleh blogger pemula seperti saya. Biasanya blogger pemula seperti saya rata-rata akan menulis 200 - 300 kata dalam sebuah artikel.

Lalu bagaimana cara menghitung jumlah kata di postingan atau artikel di blog ?

Sebenarnya ada banyak cara. Ada yang mengunakan software atau aplikasi tambahan dan ada juga yang tidak memakai software tambahan. Dan kali saya akan membahas tentang cara menghitung jumlah kata di artikel blog dengan tidak menggunakan software tambahan. Hanya dengan menggunakan Microsoft office word 2007 kita sudah bisa menghitung berapa banyak kata di dalam artikel atau postingan yang kita buat.

Mengapa memilih Microsoft office word 2007 ?

Alasan mengapa saya memilih Microsoft office word adalah karena mudah untuk menggunakannya, caranya simple, tidak harus mendownload software baru atau tambahan. Sebenarnya kita juga bisa menggunakan software tambahan. Contohnya software Word Counter. word counter adalah software yang berfungsi menghitung jumlah kata. Tetapi menurut saya lebih baik menggunakan microsoft office word 2007.

Baiklah sudah cukup pembahasannya. Sekarang kita langsung saja melihat cara menghitung jumlah kata di postingan atau artikel blog dengan Microsoft office word 2007.

1. Buka satu artikel atau postingan di blog kalian. Lalu copy semua katanya.
2. Jika sudah dicopy, buka microsoft office word 2007, lalu pastekan kata yang sudah di copy tadi.
3. Jika sudah dipaste, blok semua tulisannya. Lalu klik menu Review lalu klik logo ABC 123. Jika sudah di klik maka akan muncul tabel kecil word count yang berisi tentang jumlah kata.


Keterangan :

Pages : Jumlah halamannya
Words : Jumlah Kata
Characters (No Spaces) : Jumlah semua kata dan karakter jika tidak ada spasinya
Characters (With Spaces) : Jumlah semua kata dan karakter yang ada spasinya
Paragraphs : Jumlah Paragraf 
Lines : Jumlah baris yang ada di setiap paragraf.

Bagaimana sangat mudah bukan caranya ? cara diatas adalah cara yang sangat simple dan saya yakin kalian kalian akan paham dengan penjelasan diatas. Jumlah kata sangat penting untuk blog. Apalagi blog yang dibuat khusus untuk mengikuti Google Adsense. Salah satu peraturan google adsense adalah disetiap arikel kita harus menulis minimal 500 kata. Tentu saja itu bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Baiklah sekian dari saya semoga artiekel tentang Cara Menghitung Jumlah Kata Di Artikel Blog ini bisa membantu dan menambah wawasan kalian semua. Terima kasih sudah berkunjung
Cara Menghitung Jumlah Kata Di Artikel Blog Cara Menghitung Jumlah Kata Di Artikel Blog Reviewed by Steve William Korwa on February 13, 2016 Rating: 5

5 comments:

  1. makasih gan, sangat membantu artikelnya :)

    ReplyDelete
  2. mantab gan artikelnya membantu sekali :D

    ReplyDelete
  3. wah jadi tau caranya menghitung kata artikel cukup singkat dan jelas tutorialnya, terima kasih

    ReplyDelete
  4. Wah mantap dr pada hitung satu persatu, hehe

    ReplyDelete

Jika Ada Saran Atau Pertanyaan Silahkan Comment. Dan Silahkan Comment Yang Baik,Jujur,Dan Tidak Spam. Terima Kasih

Powered by Blogger.